Intel Bagikan Gratis 100 Chip 48 Core

procecorKamis, 3 Desember 2009 | 10:59 WIB

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com – Laboratorium riset Intel di San Fransisco, California, AS memamerkan prorortipe chip prosesor dengan 48 core untuk pertama kalinya. Chief Technology Officer (CTO) Intel Justin Rattner menyebutnya single-chip cloud computing (SCC).

“Dengan sebuah chip seperti ini, Anda bisa banyangkan sebuah cloud data center di masa depan yang tentu akan membutuhkan skala eisiensi energi yang jauh lebih tinggi daripada yang ada sekarang,” ujarnya seperti dilansirChannel Web, Selasa (1/12) lalu.

Prototipe SCC tersebut merupakan generasi kedua platorm chip multicore Polaris yang diperkenalkan Intel dalam International Solid State Circuit Conference (ISSCC) dua tahun lalu. Chip tersebut sudah dilengkapi sejumlah kemampuan mikroarsitektur GPU terbaru buatan Intel yang diberi kode Larrabee.

Meski demikian, chip ini hanyalah produk eksperimen dan belum ada rencana Intel memproduksi massal. Sebanyak 100 unit chip akan dibagikan ke sejumlah lembaga riset industri maupun akademis seperti Microsoft, ETH Zurich, University of California Berkeley, dan University of Illinois.

“Ini bukan produk. Tidak akan dijadikan sebuah produk. Namun, ini bisa menyediakan platorm yang baik untuk mendukung riset,” ujar Rattner.

sumber : http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/12/03/10593410/intel.bagikan.gratis.100.chip.48.core

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *